Pertamina: Tabung Elpiji 3 Kg 100% Bebas Bocor

Posted: 14 May 2010 in Berita Nasional
Tags: , ,

PT Pertamina (Persero) menjamin 100% tabung elpiji 3 kg bebas kebocoran. Sampai dengan saat ini Pertamina belum mendapatkan laporan adanya tabung gas 3 kg yang meledak akibat kebocoran tabung.

Demikian disampaikan VP Corporate Communication Pertamina Basuki Trikora Putra di sela kunjungan ke stasiun pengisian elpiji 3 kg di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (14/5/2010).

“Kita jamin 100% semua tabung gas 3 kg yang baru diisi atau yang sudah keluar dari stasiun pengisian elpiji Pertamina tidak mengalami kebocoran,” ungkap Basuki.

Ia mengatakan, dalam proses pengisian gas ke dalam tabung 3 kg, Pertamina selalu melakukan pengecekan kondisi tabung sesudah dan sebelum pengisian. “Jika ditemukan kebocoran maka tabung akan langsung diganti dan tabung yang bocor dihancurkan,” kata dia.

Basuki mengatakan, biasanya kebocoran terjadi pada selang regulator dan bukan pada tabung tersebut. Selain itu, lanjut Basuki dapat terjadi kebocoran jika rubber seal (karet hitam yang berada di tutup tabung) dicongkel.

“Pertamina selalu memberikan segel setelah tabung diisi ulang. Sehingga bisa langsung dipergunakan, dan seluruhnya bahan baku baik tabung, rubber seal semua menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI),” papar Basuki.

Jadi, lanjut Basuki, belum pernah ada laporan baik dari kepolisian yang menyampaikan bahwa ledakan-ledakan yang terjadi belakangan bukan disebabkan oleh tabung yang bocor.

Sementara itu dalam bagian lain, Basuki mengatakan SPBE Tanjung Priok merupakan SPBE yang terbesar di Asia. Stasiun pengisian ini terdiri dari 120 Filling Machine dan per harinya mengisi 85 ribu-90 ribu tabung.

“Atau sekitar 2.500-3.000 metrik ton. SPBE Tanjung Priok ini khusus untuk melayani kebutuhan gas wilayah Jabodetabek,” tandasnya.

Advertisements

Comments are closed.