Ceker Ayam, Kaya Kandungan Omega-3 Dan Omega-6

Posted: 18 May 2010 in Kesehatan/Health
Tags: , ,
main_img

Kabar baik bagi yang hobi mengkonsumsi ceker ayam karena selain rasanya gurih ternyata ceker ayam sangat kaya dengan kandungan omega-3 dan omega-6, masing-masing 187 mg dan 2.571 mg per 100 gram. Omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut buku Nutrition Concepts and Controversies (2008) yang ditulis Frances Sizer dan Ellie Whitney,  omega-3 dan omega-6 berperan untuk pertumbuhan otak dan relaksasi pembuluh darah bagi tubuh serta membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh.

Ceker ayam dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti gulai, sop, opor, kripik, soto dan sebagainya. Meskipun tidak mengandung daging dan hanya terdiri dari kulit, tulang, otot, dan kolagen, justru membuat ceker terasa guruh dan kenyal. Ketika dimasak, ceker akan mengeluarkan kaldu yang pekat dan kental, inilah yang membuat setiap masakan  yang dikombinasikan dengan ceker akan bertambah lezat. Jadi tidak ada salahnya jika ceker ayam masuk dalam menu harian Anda.

Comments are closed.