Hidup Tidak Selalu Mudah

Posted: 24 May 2010 in Spiritual Life
Tags: ,
detail_img

“Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya.” (Mazmur 37:23)

Setiap orang di dunia memiliki pandangan berbeda-beda mengenai kehidupan; ada yang melihatnya bak air sungai yang mengalir, ada yang menanggap seperti roda yang berputar. Namun, apa pun pendapat mereka, ada satu hal yang sama yang mereka percayai bahwa menjalani kehidupan di bumi ini tidaklah mudah.

Anggaplah Anda adalah orang-orang yang memiliki otak yang cerdas, pandai memecahkan masalah, dan memiliki adaptasi lingkungan yang bagus, ‘apakah semua ini menjadi jaminan bahwa kehidupan Anda akan baik-baik saja?’ Melihat fakta yang ada, belum tentu. Kita pasti akan menemui berbagai kesulitan-kesulitan selama bernafas. Namun, hendaknya janganlah menjadikan semua itu sebagai suatu alasan untuk hidup tawar hati dan putus asa.

Saat-saat sukar dalam kehidupan sebenarnya adalah faktor penyebab kita dapat bertumbuh; itulah saat iman kita dikembangkan. Itulah saat Tuhan sedang mengerjakan sesuatu dalam kehidupan kita. Itu mungkin tidak menyenangkan. Kita mungkin tidak menyukainya, tetapi jika kita dapat memelihara sikap yang benar, Tuhan telah berjanji untuk memakai kesultan itu demi kebaikan kita. Ia akan memakainya demi keuntungan kita.

Jika Tuhan harus menyikirkan kesukaran, Anda tidak akan siap terhadap apa yang Dia simpan untuk Anda. Ini memang sulit dipahami namun ketika Anda mulai mempercayakan kehidupan kepada Tuhan dan mengikuti setiap proses yang tidak menyenangkan tersebut, Anda akan  melihat bahwa iman Anda sedang dikuatkan dan pribadi Anda sedang berkembang menjadi seperti yang Dia inginkan.

Firman Tuhan hari ini berkata bahwa, “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” (Roma 8:28). Anda mungkin dalam suatu keadaan yang sulit hari ini. Anda mungkin berada di tempat yang sukar dalam pernikahan Anda atau pekerjaan Anda; mungkin sedang kesulitan dalam keuangan Anda. Namun, dengarlah hal ini, ‘Tuhan tidak akan mengizinkan suatu kesulitan datang dalam kehidupan Anda kecuali Dia memiliki maksud. Walaupun ada saat di mana kita tidak mengerti apa yang sedang kita lalui atau mengapa, tetapi kita harus belajar untuk percaya kepada Tuhan dan percaya bahwa semua ini akan mendatangkan kebaikan dalam hidup kita.’

Comments are closed.