Ilmuwan Pencipta Kehidupan Bertindak Seperti Tuhan

Posted: 24 May 2010 in Berita Internasional
Tags: ,
detail_img

Ilmuwan yang berasal dari Amerika ini bisa menciptakan kehidupan tiruan di sebuah laboratorium untuk pertama kalinya. Pencipta sel sintetik ini telah mewujudkan impiannya selama 15 tahun.

Dia menciptakan nafas kehidupan menggunakan gen-gen yang digabung di dalam laboratorium. Makhluk ciptaannya ini diciptakan dengan organ buatan yang didesain untuk tugas tertentu seperti bertugas membersihkan polusi dan sebagainya.

Para ahli mengemukakan bahwa hal ini dapat menyebabkan bahaya juga, jika digunakan sebagai senjata yang hidup.

“Ini merupakan langkah awal dari pengertian kita selama ini, merupakan langkah kecil yang diambil bagaimana dasar dari kehidupan itu bekerja dan mungkin ktia bisa mendapatkan beberapa terobosan baru untuk mengatur sistem microbial ini untuk kepentingan kemanusiaan,” begitu ungkap sang ilmuwan.

“Teknologi ini tidak untuk dijual ataupun sel tersebut. Kami menggunakan teknologi ini untuk keamanan, kami menggunakannya untuk mengerti tentang kehidupan itu sendiri.” Lanjutnya kemudian.

Hasil riset tersebut yang dilakukan selama 15 tahun telah menghabiskan biaya sekitar 30 juta dolar. Ilmuwan yang bernama J. Craig Venter ini bekerja sama dengan Dr. Hamilton Smith menegaskan bahwa hasil yang dia capai tidak membahayakan dan dia menolak bila dikatakan sebagai orang yang ingin memainkan peran Tuhan.

Bisa terjadi bahwa hasil yang dicapai oleh ilmuwan ini dapat disalahgunakan oleh orang lain, seperti dulu Julius Robert Oppenheimer beritikad baik dalam menciptakan bom atom tapi nyatanya sekarang disalahgunakan untuk menghancurkan negara lain.

Source : telegraph

Comments are closed.