Jangan Berbohong Kepada Anak Anda

Posted: 24 May 2010 in Family
Tags: ,
main_img

Setiap orang tua pasti ingin mendidik anak mereka menjadi orang yang jujur, tetapi sering kali tanpa disadari justru sedang mengajarkan kebohongan kepada anak. Pernahkah Anda mendengar kalimat seperti ini: “Sssst….kalau tante itu cari mama, bilang mama nggak ada yah.” Atau “Nak, jangan nakal nanti mama laporkan wewe gombel lo…”

Hati-hati! Jika Anda melakukan hal yang sama, sebenarnya Anda sedang menciptakan bom waktu dalam diri anak Anda yang menunggu waktu untuk meledak. Alkitab berkata ‘Didiklah anakmu menurut jalan yang patut baginya, maka hingga masa tuanya pun dia tidak akan menyimpang dari jalan itu’. Anda harus menyadari bahwa anak Anda belajar lebih banyak dari teladan Anda daripada kata-kata Anda.

Misalnya Anda melarang anak Anda melakukan sesuatu yang Anda sendiri lakukan seperti menggunakan pisau. Sebaiknya jangan melarang anak melakukan hal tersebut tetapi beri saja penjelasan yang benar dan dapat dipahami oleh mereka. Karena ada banyak hal berbahaya yang belum bisa dilakukan anak Anda. Seandainya harus melarang meraka, larang tersebut tidak harus disertai dengan kebohongan.

Source : kapanlagi.com

Comments are closed.