Bayi Jadi Kecil dan Pendek Karena Kafein

Posted: 31 May 2010 in Kesehatan/Health
Tags: ,
main_img

Wanita yang minum sedikitnya enam cangkir kopi sehari yang kaya kafein setiap harinya akan membuat bayinya kemungkinan lahir dengan tubuh kecil. Hal ini ditemukan peneliti pada 7.300 wanita di Belanda. Bayi yang dilahirkan para wanita yang banyak minum kopi mulai dari kehamilan 2 sampai 3 bulan bayinya lahir lebih pendek dari pada bayi ibu bayi yang tidak minum kopi.

Selain pendek, bayi juga bertubuh kecil, demikian penelitian yang dirilis dalam American Journal of Clinical Nutrition. Hal ini menjelaskan betapa bahayanya kafein bagi ibu yang sedang hamil.

Dari pantauan para peneliti dari Erasmus Medical Center, kandungan dalam tri semester pertama dan seterusnya sangat rentan terhadap kafein. Penelitian ini menggunakan ultrasound scan untuk memantau pertumbuhan janin pada 7.346 perempuan.

Hingga kini belum diketahui pasti apakah kafein bisa membahayakan kandungan yang berakibat keguguran. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, maka para ahli gizi dan juga dokter meminta agar wanita hamil untuk membatasi konsumsi kafein.

Source : Reuters

Comments are closed.