Kurangi Efek Computer Eye Syndrome Anda

Posted: 31 May 2010 in Kesehatan/Health
Tags: , ,
main_img

Kelelahan pada mata sering disebut Computer Eye Syndrome atau asthenopia yang adalah suatu keadaan mata yang bermanifestasi tidak spesifik seperti lelah, nyeri, penglihatan kabur, sakit kepala dan lainnya akibat penggunaan komputer yang berlebihan.

Hal pertama yang dapa dilakukan adalah menata kembali pengaturan monitor serta ruangan bekerja, agar efek buruknya dapat diminimalkan. Berikut tips agar Anda tidak mengalami Computer Eye Syndrome :

Usahakanlah monitor Anda berjarak kurang lebih sepanjang lengan dari mata Anda (sekitar 50cm).

Letakkan monitor lebih rendah dari mata Anda

Usahakan monitor memiliki kemiringan 10-20 derajat dari bidang vertical sehingga memudahkan Anda melihatnya

Letakkan monitor di meja kerja (jangan di atas CPU)

Usahakan monitor dan keyboard dalam orientasi satu arah, hal ini berguna untuk mengurangi ketegangan pada leher.

Jika Anda bekerja dengan komputer saja tanpa dokumen, sebaiknya pencahayaan agak redup kecuali Anda harus membaca dokumen dan lain sebagainya.

Disarankan untuk menghindari pantulan benda-benda lain di sekitar monitor Anda.

Beban mata Anda akan bertambah jika Anda memperhatikan layar monitor yang Cahaya di sekeliling monitor lebih terang dari pada monitor itu sendiri.

Usahakan monitor Anda diatur dengan tingkat kontras dan brightness yang optimal sehingga gambaran yang dihasilkan lebih jelas.

Demikianlah beberapa tips yang mungkin dapat membantu mengurangi efek samping karena terlalu lama memandang layar monitor. Kiranya dapat bermanfaat

Source : infosehat

Advertisements

Comments are closed.