Yang Perlu Anak Anda Tahu

Posted: 31 May 2010 in Family
Tags: , ,
main_img

Membesarkan anak bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan komunikasi yang sehat dan terbuka untuk mengarahkan anak ke arah hidup yang benar.  Apa yang Anda ajarkan akan menentukan pencapaian anak Anda di masa mendatang. Berikut merupakan hal-hal yang perlu Anda  komunikasikan kepada anak Anda :

1. Tujuan Hidup. Coba tanyakan kepada anak Anda, ingin menjadi apa mereka kelak. Hal ini akan membangkitkan sebuah cita-cita, serta memberi mereka pandangan ke mana mereka akan melangkah. Ingatkan mereka bahwa mereka unik dan tak perlu meniru orang lain.

2. Panggilan hidup vs Karir. Panggilan hidup merupakan tujuan hidup sejati yang dimiliki oleh masing-masing orang, sedangkan karir hanya sebatas pekerjaan. Seorang anak perlu diarahkan untuk mencari tahu apa panggilan hidupnya, baru kemudian dia bisa melakukan hal-hal guna mendukung panggilan hidupnya. Ketika mereka menemukan panggilan hidup mereka maka mereka akan menemukan arti hidup mereka.

3. Nilai vs Keahlian. Nilai pelajaran sekolah bukanlah tolak ukur intelektual seorang anak karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang ahli dalam segala bidang. Temukan keahlian anak Anda dan bantulah mereka untuk mengembangkannya, karena hal ini merupakan salah satu langkah untuk mengenali panggilan hidup mereka.

4. Faktor Kebahagiaan. Beri mereka pengertian bahwa kebahagiaan mereka tidak tergantung pada siapa pun dan apa yang mereka miliki atau lakukan, namun ketika mereka membagikan hidupnya untuk melayani sesama, itulah kebahagiaan sejati. Hal ini juga akan menjauhkan anak Anda dari sikap egois.

5. Keluarga vs Teman. Keluarga yang baik adalah tempat yang paling aman bagi anak Anda. Jadi, ciptakanlah suasana yang harmonis dalam keluarga Anda, agar anak betah di rumah dan tidak jatuh ke dalam pergaulan yang salah. Kenallah teman-teman anak Anda tanpa menghakimi mereka.

Source : kapanlagi.com

Comments are closed.