6 Lokasi Terburuk Untuk Kesehatan Anda

Posted: 10 June 2010 in Kesehatan/Health
Tags:
main_img

Menurut beberapa lembaga penelitian internasional, tempat seseorang menyimpan barang atau beraktivitas sangat berpengaruh kepada kesehatan orang tersebut. Jadi, apabila Anda salah melakukan hal tersebut maka sangat dimungkinkan tubuh Anda akan mengalami masalah.

Berikut 6 lokasi yang bisa mengganggu kesehatan Anda dan tempat terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.

1. Menaruh sikat gigi Anda

Tempat terburuk: Wastafel kamar Mandi

Tidak ada yang salah dengan wastafel sendiri sebenarnya, tetapi jarak yang cukup dekat dengan toilet menjadikan hal itu sedikit “berbahaya”! Tahukah Anda bahwa ada 3.200.000 mikroba per inci persegi di toilet, dan semua kuman itu berjalan sejauh 6 kaki setiap kali Anda berkumur-kumur dan membuang air kumuran tersebut ke dalam wastafel. Tanpa Anda sadari,  kuman-kuman tersebut akhirnya tersebar ke lantai kamar mandi, wastafel, dan tentunya sikat gigi Anda.

Tempat terbaik: Kecuali Anda sudah membilasnya dengan air, simpanlah sikat gigi Anda selalu di tempat tertutup, seperti lemari obat atau lemari khusus untuk kebutuhan mandi.

2. Menyimpan sepatu dan sandal jepit

Tempat terburuk: Lemari Kamar Tidur

Berjalan ke dalam rumah menggunakan sepatu yang Anda pakai dari luar adalah sebuah tindakan yang kurang tepat dilakukan. Satu studi menemukan bahwa bahan rumput kimia yang berasal dari rumput sintetik dapat menyebabkan seseorang terkena alergi dan zat pencemar.

Tempat terbaik: Rak sepatu dan sendal yang Anda taruh di depan rumah merupakan tempat paling pas. Salah satu keuntungannya adalah zat-zat berbahaya yang dibawa oleh alas kaki Anda ketika beraktivitas di luar tidak masuk ke dalam rumah.

3. Tidur Nyenyak

Tempat terburuk: Di bawah tumpukan selimut

Menyelimuti diri dengan banyak selimut hanya membuat Anda cepat mengantuk, tetapi tidak membuat Anda menjadi tidur dengan nyaman. Untuk memudahkan Anda tidur, ciptakan suhu tubuh Anda tetap panas.

Tempat terbaik: Di bawah satu selimut. Agar pembuluh darah tubuh Anda dapat bekerja dengan baik mengenakan hanya satu selimut adalah pilihan sangat baik. Kenakanlah kaus kaki bila Anda masih merasa dingin saat tidur.

4. Mendinginkan makanan sisa

Tempat terburuk: Di lemari es

Hal ini mungkin akan mengejutkan banyak pembaca! Menempatkan sisa makanan panas langsung ke kulkas adalah resep pendinginan yang tidak merata dan mungkin dapat mengakibatkan keracunan makanan. Alasannya sederhana: butuh waktu lama untuk menciptakan lingkungan aman dari bakteri.

Tempat terbaik: Anda bisa dengan aman meninggalkan makanan dingin di meja hingga satu jam setelah memasak, atau mencoba menempatkan porsi besar ke dalam wadah yang lebih kecil dan lalu dimasukkan ke dalam lemari pendingin, yang memungkinkan makanan menjadi dingin lebih cepat.

5. Duduk di pesawat terbang

Tempat terburuk: Bagian belakang

Jika Anda rentan terhadap mabuk udara, hindari bagian belakang pesawat. Pikirkan pesawat seperti jungkat-jungkit – semakin jauh Anda dari pusat Anda, semakin sedikit gerakan naik-turun yang Anda alami. Karena ekor pesawat biasanya lebih panjang dari depan, yang mana Anda akan sering merasakan posisi naik.

Tempat terbaik: Pilihan tempat duduk yang sedekat mungkin dengan sayap mungkin.

6. Menggunakan headphone

Tempat terburuk: Pada pesawat terbang, kereta, atau kereta bawah tanah

Banyak dari kita mendengarkan musik ketika kita bepergian untuk meredam bising atau orang sekitar yang sedang mengobrol, namun studi menunjukkan bahwa kita sebenarnya sedang merusak telingat kita jika mendengarkan headphone di lingkungan yang bising. Peneliti Harvard menemukan bahwa dalam lingkungan cukup tenang, volume suara yang didengar seseorang cenderung lebih ramah. Tetapi ketika para peneliti menambahkan volume suara seperti suara gemuruh dari kabin pesawat, tingkat risiko kerusakan pendengaran jangka panjang sangatlah mungkin terjadi.

Tempat terbaik: Di mana pun Anda tidak perlu mengecangkan volume musik Anda ketika menikmatinya.

Source : MSNBC

Advertisements

Comments are closed.