Ajarkan Si Kecil Ucapkan ‘Maaf’

Posted: 15 June 2010 in Family
Tags: ,
img

Ist.

Jakarta – Mengakui kesalahan dan mengucapkan ‘maaf’ kadang tidak mudah bagi siapapun. Membiasakan diri untuk bertanggung jawab serta mengakui kesalahan yang telah diperbuat perlu dilakukan sejak dini. Termasuk juga mengucapkan ‘maaf’.

Mengajarkan si kecil meminta maaf ada langkah tersendiri. Tips berikut akan membantu Anda.

Lakukan Sejak Dini
Ajarkan meminta maaf mulai dari si kecil bisa diajak komunikasi. Setiap ia melempar mainannya, atau menumpahkan makanannya, ajarkan ia kata ‘maaf’. Tentu saja hal itu tak akan segera diikuti oleh anak Anda, namun biasakanlah dia mendengar kata itu, dan mempelajari pola kapan kata ‘maaf’ harus ia ucapkan.

Repetisi
Untuk mengajarkan si kecil memang butuh waktu. Jadi jangan pernah merasa bosan. Selalu ulang kata-kata maaf tiap ia melakukan kesalahan. Biarkan ia mencerna dan mengerti arti dari kata-kata tersebut.

Beri contoh
Ini adalah proses yang paling penting. Sebagai orang tua, Anda tak akan pernah luput dari kesalahan. Jika Anda melakukan kesalahan pada si kecil, segeralah ucapkan maaf. Hal itu akan memberi contoh yang baik baginya. Ingat, Anda adalah panutannya, maka berikanlah contoh yang baik baginya.

Ingatkan lagi
Lupa adalah satu hal yang manusiawi. Anak yang baru mempelajari kata maaf tentunya sesekali akan lupa melakukannya. Jangan langsung memarahi si kecil karena kelalaiannya. Peringatkan ia dengan lembut, sehingga hal itu akan ia ingat selanjutnya.

Comments are closed.