Stres: Sebuah Masalah Pilihan

Posted: 16 June 2010 in Kesehatan/Health
Tags: ,
rel_img3

Terlalu sering kita bersikap panik ketika keadaan sekitar berubah dan kita pun akhirnya mencoba menjadi segalanya bagi semua orang. Ketika menyadari bahwa ini bukanlah tugas yang mungkin, kita menjadi frustrasi dan stres.

Saya teringat ayat alkitab di Yesaya 58:11 yang berbunyi, “TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.”

Kita harus bersandar pada Tuhan dalam segala hal, sebagaimana Dia akan menyediakan semua kebutuhan kita. Jadi, seharusnya kita tidak perlu membuka peluang stres, tetapi bagaimana menguranginya dalam kehidupan kita.

Saya tidak yakin di mana saya pertama kali melihat daftar serupa, ini jelas bukan merupakan konsep asli. Saya telah membuat beberapa perubahan, lebih mencerminkan kepribadian saya. Potong ini dan tempatkan pada kulkas Anda atau cermin kamar mandi sebagai pengingat pilihan Anda setiap hari, pilihan yang akan menyebabkan sehat Anda di masa depan.

1. Seringlah berdoa. Saya telah menemukan, jika kita membatasi hubungan kita dengan Tuhan maka kita kehilangan aliran berkat yang terus-menerus. Doa adalah komunikasi dengan Tuhan, cara untuk mengembangkan hubungan. Jika kita hanya berbicara kepada-Nya sekali sehari, bagaimana bisa kita benar-benar mengenal Dia?

2. Ambil waktu tujuh jam Anda benar-benar tidur dengan tenang. Kita tidak perlu penelitian untuk membuktikan hasil bahwa kurang tidur akan berefek negatif pada kesehatan kita, pekerjaan, dan cara kita berelasi. Oleh karena itu, kita harus segar setiap hari.

3. Persiapkan pakaian yang ingin Anda pakai esok hari di malam hari sebelumnya – kebiasaan ini sangat baik untuk diajarkan anak-anak Anda. Jika Anda berdiri di depan lemari selama lebih dari dua atau tiga menit memutuskan apa yang akan dipakai, Anda mendapatkan keuntungan yang besar mengatur pakaian Anda.

4. Katakan “Tidak” lebih sering. Keseimbangan hidup adalah rencana Tuhan dalam kehidupan anak-anak-Nya. Anda tidak bisa mengabaikan satu tanggung jawab dengan tanggung jawab lainnya. Pelayanan Anda di gereja adalah penting, tetapi bukan berarti keluarga harus ditelantarkan.

5. Delegasi membuat orang lain lebih kuat. Tentu, Anda dapat memilih, yakni membuat diri Anda bertanggung jawab atas setiap detail kehidupan di rumah Anda, atau Anda dapat mendelegasikan tugas kepada orang lain yang mampu. Ajarkan anak-anak untuk mengatur dan membersihkan meja, membasahi taman atau setiap tugas yang sesuai untuk usia dan kemampuan mereka. Yang paling penting, tekankan bahwa mereka jangan stres jika mereka tidak melakukannya persis seperti cara Anda melakukan.

6. Hiduplah sederhana, baik di kantor ataupun di lingkungan rumah. Simpanlah sejumlah uang, belanjakan beberapa yang ada, dan jangan lupa memberi kepada orang-orang yang membutuhkan

7. Berhenti menggunakan kartu kredit. Sangat mudah untuk segera mengeluarkan kredit atau kartu debet untuk semua pembelian kecil, tetapi begitu mendapat laporan akhir bulan dari bank maka Anda menjadi stres besar. Pegang uang kas setiap kali Anda pergi keluar dan berbelanja.

8. Rencanakan untuk saat-saat yang tak terduga. Berikut adalah beberapa ide untuk mengusir stres karena hujan: bermainlah catur atau tontonlah film favorit keluarga.

9. Lakukan sesuatu hanya yang benar-benar menghibur setidaknya sekali dalam seminggu. Memancing, berkebun, berwisata ke kebun binatang adalah beberapa metode yang cukup berhasil mengurangi stress Anda.

10. Lakukan olahraga setiap pagi atau sore. Saya benar-benar percaya bahwa stres tidak bisa hidup dalam tubuh yang sehat dan bugar.

11. Tuliskan pikiran Anda di dalam sebuah jurnal. Gunakan jurnal untuk mencerminkan dan  berbagi tentang kebaikan Tuhan dalam kehidupan Anda. Stres dapat membuat pikiran kita menjadi bimbang. Jika kami melakukan upaya sadar untuk pena positif, kita bisa melonggarkan cengkeraman stres sehari-hari.

12. Tertawalah terbahak-bahak! Tiga besar cara untuk menceriakan hari Anda: Bermain dengan binatang perliharaan; Berjalan dengan istri dan atau anak Anda; berkomunikasi dengan teman-teman yang pandai mengocok perut.

13. Bicaralah sedikit dan dengarlah lebih banyak. Kita memiliki dua telinga, satu mulut – semua itu ada alasannya.

Mengizinkan perubahan-perubahan sederhana untuk memasukkan pilihan positif dalam hidup Anda akan membuka pintu kesempatan bagi Anda untuk bersinar sebagai anak Raja. Ini adalah tahun perubahan – terimalah!

Source : cbn.com

Comments are closed.