Wow..Warren Buffet Akan Sumbangkan 99% Hartanya

Posted: 18 June 2010 in Berita Internasional
Tags: , , , , ,
detail_img

Mereka adalah dua orang paling kaya di Amerika, bahkan di dunia. Mereka sedang mengajak teman-teman milyader mereka yang masuk dalam daftar 400 orang paling kaya di Amerika berdasarkan majalah Forbes untuk menyumbangkan 50 persen dari total kekayaan mereka untuk kegiatan sosial, yaitu sekitar 600 miliar dolar, demikian berita yang dirilis oleh Majalah Fortune.

Jika apa yang dilakukan oleh Bill Gates dan Warren Buffet ini terlaksana maka hal ini akan menjadi “pengumpulan dana terbesar dalam sejarah.” Beberapa orang miliarder yang telah menyatakan komitmennya antara lain adalah filantropis asal Los Angeles Eli dan Edythe Broad, pemilik Silicon Valley John dan Tashia Morgridge, kapitalis John Doerr dari Kleiner Perkins dan istrinya, Ann serta pengusaha media Gerry Lenfest dan istrinya, Marguerite.

Semua ini diawali dari makan malam rahasia yang dihadiri oleh beberapa miliarder di kota New York. Diantara yang datang, hadir juga ekonom kelas dunia George Soros, Oprah Winfrey, David Rockefeller, raksasa media Ted Turner dan Walikota New York Michael Bloomberg.

Melinda Gates berkeras bahwa suami istri harus diundang, karena sekalipun sang suami yang menghasilkan uang, istri adalah yang menjaga pintu gerbang. Hal ini perlu dilakukan karena keputusan para miliarder ini akan mempengaruhi istri dan anak-aak mereka.

Sekalipun ditetapkan 50 persen dari keseluruhan harta, Warren Buffett sendiri komitmen memberikan 99 persen dari hartanya. Dalam penjelasannya melalui website resmi mereka Givingpledge.org Buffett berkata, “Jutaan orang secara rutin menyumbang ke gereja, sekolah dan organisasi lainnya dengan merelakan dana yang seharusnya dapat digunakan untuk kepentingan keluarganya. Setiap dolar yang mereka sumbangkan artinya mereka tidak nonton film, makan malam keluar atau kenikmatan pribadi lainnya. Sebaliknya, saya dan keluarga saya tidak akan mengorbankan apapun dengan memenuhi janji untuk memberikan 99 persen dari harta saya.”

Janji memberikan sumbangan sebesar 50 persen ini adalah komitmen moral dan bukannya sebuah kotrak legal. Mereka dapat menyumbangkan uang tersebut semasa mereka masih hidup atau setelah kematian mereka. Para miliarder tersebut juga dapat memilih sendiri organisasi sosial yang akan mereka sumbang. Tujuan dari gerakan janji untuk memberi ini menurut Melinda Gates adalah untuk membawa para miliarder bergerak untuk memberi dan membuat dunia menjadi sebuah tempat yang lebih baik.

Source : MSNBC

Comments are closed.