Yacob Kusmanto, Anak Bengal yang Kini Memimpin Perusahaan

Posted: 22 June 2010 in Miracle Story
Tags: , , ,

Yacob Kusmanto adalah seorang pengusaha sukses di bidang tekstil. Namun, siapa yang menyangka kalau masa kecil Yacob adalah anak yang sangat nakal. Ia selalu melawan orangtua kalau disuruh bekerja, karena itu ayah Yacob lebih sayang kepada saudaranya yang lain.

“Dan itu menimbulkan iri hati”

Pada umur 12 tahun, Yacob belajar Karate dan itu merupakan pelarian Yacob dari ketidaksukaannya pada keluarganya, khususnya kepada ayahnya.

“Dampak dari latihan karate itu membuat saya tidak takut orang. Untuk menutupi kelemahan saya di dalam sekolah, saya seringkali berantem”

Masa SMP hingga SMA adalah masa dimana Yacob menjadi beban bagi keluarganya karena kenakalannya. “Saya juga harus keluar dari rumah karena hubungan saya dengan papa saya terus konflik terus, sehingga saya merasakan tekanan banyak sekali,”

Sampai suatu saat, Yacob mendapat nasihat dari teman wanitanya.

“Saya diberikan satu dorongan dan nasihat untuk saya mengubah kehidupan dan meninggalkan kehidupan yang lama dan itu memberikan inspirasi yang baru buat saya”

Sejak saat itu Yacob memasuki babak baru  dalam hidupnya. Ia berhenti sekolah dan bekerja di pabrik tekstil kenalan ayahnya. “Di tempat seperti inilah dulu saya bekerja. Saya berurusan dengan spare part dan saya harus berani untuk menghadapi sesuatu yang baru. Saya harus belajar untuk bisa menghargai, mencintai pekerjaan yang ada. Dari kesulitan yang ada, mendorong saya untuk lebih maksimal lagi,”

“Saya sebulan diberi gaji empat puluh ribu, tetapi saya ingin memberi lebih dari apa yang saya terima. Saya tidak ingin hidup dari pekerjaan ini, tetapi saya ingin menghidupi pekerjaan ini. Saya tidak mau sikap kerja saya seperti pada umumnya, orang rata-rata. Saya belajar, dan belajar, dan belajar”

Usaha keras Yacob ternyata membawa karirnya ke level yang lebih baik lagi hingga ia siap merintis perusahaannya sendiri. Dimulai dari menjual handuk bekas dari tempatnya bekerja, usaha ini ditekuninya, tahun demi tahun ia lewati dengan keberhasilan. “Allah yang sudah membawa saya adalah Allah yang mampu akan membawa saya lebih jauh lagi karena saya merasa campur tangan Tuhan sangat besar sekali sampai saya bisa duduk menjadi pengusaha”

Latar belakang yang buruk tidak membuat Yacob menyerah dalam meraih masa depannya. Dengan 7 perusahaan tekstil, 23 provinsi di Indonesia ia layani oleh produk-produk dari perusahaannya.

Rahasia Sukses

Seperti orang-orang sukses lainnya di dunia ini, Yacob Kusmanto juga memiliki rahasia tersendiri. Kini, rahasia tersebut dibongkar kepada Anda semua. Selamat membacany

  1. Lihatlah Peluang
  2. Terjunlah ke Pasar/Market
  3. Minta input dari konsumen & pemain untuk mengembangkan produk Anda.
  4. Miliki Semangat
  5. Beri Ruang Untuk Kegagalan. Jangan Mundur !
  6. Jika ingin berekspansi, tetaplah melihat pada kekuatan bisnis.

Lalu bagaimana jika hal diatas sudah dilakukan, namuan usaha kita gagal? Berikut tips mengatasinya:

  1. Mendekatlah kepada Tuhan dan mintalah pertolongan-Nya.
  2. Turunkan standard/gaya hidup.

Cita-cita dan Pendapat Orang Tentang Yacob

Teladan orangtua yang pekerja keras serta kepercayaan dan mentoring dari atasan membuat Yacob menjadi pengusaha dan itu membuat Yacob mempunyai suatu cita-cita. “Sekarang saya juga punya program: membangun anak-anak muda menjadi entrepreneur,”

“Sepuluh tahun yang lalu, saat pertama saya sebagai pembantu rumah tangga gitu lah ya. Sekarang saya memegang salah satu perusahaan, yaitu PT Tirai Pelangi Nusantara yang memproduksi perlengkapan bayi,” ujar Retnowati.

Bagaimana perjuangan Retno hingga menjadi manajer perusahaan? “Saya di waktu senggang, saya belajar menjahit dan saya mulai mengkoordinir dari tim kecil, saya ngajarin teman-teman yang baru sampai dalam grup kecil itu saya sebagai kepala”

“Pak Yacob cukup keras ketika mendidik, mengarahkan. Namun, marahnya atau kerasnya Pak Yacob, saya responi dengan baik. Saya jadikan itu sebagai motivasi buat saya supaya semakin bertumbuh, saya semakin bertumbuh, dan semakin matang”

Nilai-nilai Dalam Berbisnis

Lalu, nilai-nilai apa yang harus dipegang seorang pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya? Berikut pemaparan Yakob dan orang-orang yang dimentorkannya menjadi pemimpin:

Profit yang diterima harus digunakan untuk menolong orang lain

  1. Proses harus ada tanggung jawab
  2. Produk jangan menipu konsumen
  3. Bekerja = beribadah.
  4. Miliki mental berani gagal dan berani mencoba dengan iman
  5. Sikap yang baik mendatangkan dukungan
  6. Tuhan pasti menyediakan.

Di akhir kisah kesaksiannya, Yacob pun meninggalkan pesan kepada rekan-rekannya sesama pengusaha. “Mengajak teman-teman yang sudah sukses, yok kita berbagi. Lihat sekeliling kita. Di tangan kita ada sesuatu yang luar biasa, kalau kita mau mengulurkan tangan, terangkatlah mereka semua, terbangunlah semuanya. Sehingga ada satu iklim dimana munculnya pebisnis-pebisnis yang punya karakter yang baik, punya value yang baik, punya warna yang baik menjadi aset bagi bangsa ini,”

Kisah ini ditayangkan 21 Juni 2010 dalam acara Solusi Life di O’Channel.

Sumber Kesaksian: Yacob Kusmanto

Comments are closed.